Kumpulan cara cek apa saja yang kamu butuhkan

Artikel terbaru
Loading...
Friday, March 9, 2018

Cara Cek Keanggotaan BPJS Aktif Atau Belum

Cara cek keanggotaan BPJS aktif atau belum - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) merupakan salah satu asuransi kesehatan resmi milik pemerintah yang mempunyai peran untuk memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat yang ada di Indonesia. Tidak memandang golongan, baik itu untuk kelas atas maupun kelas bawah semua bisa mengikuti program tersebut.

Untuk bisa menjadi anggota, hal pertama yang harus sobat lakukan adalah melakukan pendaftaran melalui kantor resmi BPJS kesehatan di kota kalian masing-masing. Nah, setelah melakukan registrasi kalian bisa mengecek status keanggotaan BPJS sobat sudah aktif atau belum melalui situs resminya yaitu di www.bpjs-kesehatan.go.id.

Hal tersebut wajib sobat lakukan, karena jika sampai status keanggotaan BPJS kalian belum aktif maka kalian belum bisa menggunakan kartu BPJS kalian untuk berobat kerumah sakit.

cara cek keanggotaan BPJS aktif atau belum

Cara cek keanggotaaan BPJS sudah aktif atau belum


Untuk sobat yang baru saja melakukan pendaftaran, ada baiknya jika kalian mengecek status keanggotaan sobat maupun keluarga yang sebelumnya sudah kalian daftarkan BPJS, agar kelak tidak menimbulkan kepanikan ketika sedang memakai kartu tersebut dirumah sakit.

Yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya bagaimana cara mengecek keanggotaan BPJS kesehatan berikut ini.

  • Silahkan buka website resminya di http://www.bpjs-kesehatan.go.id/ baik melalui smartphone maupun PC.
  • Langkah selanjutnya silahkan pilih menu "Layanan" >>> "Pendaftaran peserta".
cara cek keanggotaan BPJS aktif atau belum
  • Setelah itu sobat akan di arahkan ke halaman baru dan silahkan isikan Nomor Kartu Anggota atau Nomor Induk Pegawai silahkan isikan sesuai pada kolom yang disediakan.lalu klik "Cari".
  • Tunggu beberapa saat data yang kalian minta akan diproses, jika memang keanggotaan BPJS sobat sudah aktif maka akan muncul informasi mengenai status peserta, jenis kelamin, nama peserta serta data-data lainnya secara lengkap.

Selain menggunakan cara online, kalian juga bisa mengecek keanggotaan BPJS kalian melalui metode offline.

  • Silahkan kirim sms dengan format NOKA (spasi) "Nomor Kartu Anggota" kalian dan dikirim ke nomor 08113699977.

Itulah tadi adalah bagaimana Cara Cek Keanggotaan BPJS Aktif Atau Belum yang bisa kalian coba. Nah, dengan begitu sekarang kalian bisa mengetahui dengan jelas status keanggotaan kalian, sehingga jika saat kondisi darurat kalian tidak bingung untuk mengurus ini itu lagi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Cek Keanggotaan BPJS Aktif Atau Belum

0 comments:

Post a Comment